Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 22 Mei 2012

Hibernasi Dengan Musik Indie Dari Islandia

Sesuai dengan namanya, Republik Islandia (bahasa Islandia: Lýðveldið Ísland) atau Tanah Es, mungkin menjadi ciri khas tersendiri pada setiap aransemen musik band indie yang ada disana.  Ciri tersebut adalah musiknya yang membawa nuansa dingin serta esplorasi  eksperimentalnya yang sangat tenang, ekspresif dan harmonis serta dipadukan alat-alat tradisional (atau nordic folk music).

Manusia membutuhkan waktu hibernasi untuk memulihkan kembali stamina atau energi  yang hilang setelah beraktifitas.  Alangkah indahnya waktu hibernasi tersebut digunakan untuk mendengarkan musik-musik indie dari Islandia yang begitu tenang dan saya menganjurkan ini hanya sebagai alternatif saja, ok ?...hehehe.

Alam semesta tercipta dengan musik alam yang sangat indah.  Gemuruh ombak di laut, deru angin di gunung, dan rintik hujan merupakan musik alam yang sangat indah.  Dan sudah terbukti, bagaimana pengaruh musik alam itu bagi kehidupan manusia.  Wulaningrum Wibisono, S.Psi mengatakan,
“Jikalau Anda merasakan hari ini begitu berat, coba periksa lagi hidup Anda pada hari ini. Jangan-jangan Anda belum mendengarkan musik dan bernyanyi”.
Musik digambarkan sebagai salah satu “bentuk murni” ekspresi emosi. Musik mengandung berbagai contour, spacing, variasi intensitas dan modulasi bunyi yang luas, sesuai dengan komponen-komponen emosi manusia.

Oleh karena itu, mungkin beberapa band dari Islandia ini bisa menjadi referensi waktu hibernasi anda :

    Amiina

Empat wanita komposer musik ini akan membuat waktu hibernasi anda menjadi semakin rileks dan tenang dengan suara-suara instrumen semacam violin, harpha, cello, brass, dan terkadang dicampur dengan instrumen piano digital dan synthesizer.  Untuk melihatnya, mereka seringkali digunakan sebagai musik pengiring Sigur Rós.  Sebelum mendengarkan musik mereka saya anjurkan berada di suatu tempat yang terbuka dan teduh. (",)

    Björk

Saya rasa untuk penyanyi solo atau penulis lirik serta komposer yang satu ini, hampir sebagian besar mengetahuinya dan juga jenis musiknya.  Namun,  lagu-lagunya lumayan juga untuk sedikit memainkan atau memanjakan syaraf-syaraf kita yang tegang dengan suara vokalnya yang berkarakter serta ekspresif ditambah dengan hidangan jus jeruk hangat serta biskuit coklat.

    Múm

Band eksperimental ini akan memberikan suasana nyaman waktu hibernasi anda, dengan hidangan suara vokalnya yang sangat lembut ditambah instrumen elektro-nya yang harmonis serta efek-efek digital yang terkesan natural dan dipadukan dengan instrumen-instrumen  tradisional.  Saya rasa waktu hibernasi anda akan semakin hangat dengan musik-musik mereka.

    Sigur Rós

Mungkin sebagian besar kalangan indie kids sudah mengetahui nama band tersebut, keluar dari perdebatan mengenai mereka band shoegaze atau bukan, saya rasa musik mereka layak untuk mengisi waktu-waktu hibernasi anda.  Bahkan, seringkali teman saya mendengarkan musik-musik mereka hanya sekedar untuk menghilangkan penat atau pengantar tidur.

    Emilíana Torrini

Penyanyi solo Islandia ini, mungkin akan sedikit mengiringi waktu hibernasi anda dengan nuansa-nuansa orkestra yang megah dan akan membuat anda serasa beristirahat total di ruangan VIP konser mereka....hehehe, hmmmmmmmm.


Mungkin sekian referensi list musik dari saya untuk menemani waktu hibernasi anda, jangan lupa cek kemanan ruangan atau lingkungan terlebih dahulu sebelum mendengarkan lagu-lagu mereka....
cause... it's time to hybernate, friends !
^_^

0 komentar:

Posting Komentar