Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 22 Mei 2012

Evolusi Musik Sigur Ros: Part 1

Von ... sebuah harapan
===================

Bercerita tentang musik Sigur Ros, memang tidak ada matinya. Penggemar baru pasti merasakan hal yang berbeda jika mendengar lagu-lagu di album lama mereka. Dan begitu juga sebaliknya, para penggemar lama pun merasa heran dengan perubahan musik Sigur Ros di setiap albumnya.

Sedikit bercerita tentang Sigur Ros. Band Post-Rock asal Reykjavik Islandia ini dibentuk awal tahun 1994 oleh Jon Thor Birgisson sebagai gitaris dan vokal, Georg Holm sebagai basisnya dan Agust sebagai penggebuk drum. Rekaman perdana trio ini dibawah label Bad Taste. Debut album LP mereka, Von (Hope) dirilis pada tahun 1997 yang kemudian pada tahun berikutnya dirilis pula koleksi lagu hasil remix pada album Von yaitu Von Brigði (Recycle Bin).


Bagaimana dengan musik VON ?

Menekankan pada filosofi album tersebut bukan tentang musiknya. Namun secara garis besar, album Von murni sebuah prolog Sigur Ros sebelum mereka di kenal lebih luas didunia melalui mimpi-mimpi yang dibawakan dalam bentuk musik. Album perdana mereka ini juga sudah berevolusi dari musik-musik yang telah ada di pasaran sebelumnya. Contoh paling nyata adalah nyanyian sang vokalis (Jon Thor atau juga bisa disebut Jonsi) tidak dibawakan dengan cara yang standar namun Jonsi menyanyikan lagu-lagu dengan cara falseto. Berbicara mengenai musik di album Von, disini Sigur Ros murni memperkenalkan dasar mereka dalam bermusik Post-Rock dengan genre yang bisa disebut Ambient Soundspace.

Ambient ?

Ya, ambient adalah suara-suara environmental (lingkungan). Misalnya coba kau tutup matamu, suara apa saja yang terdengar ditelingamu itulah ambient. Di sini Sigur Ros menggambarkan suasana itu sesuai dengan filosofi albumnya. Dari malam mencekam sampai pada terang yang menenangkan. Satu track yang benar-benar jenius menurut saya yaitu track 18 Sekúndur Fyrir Sólarupprás (eighteen seconds before sunrise) yang benar-benar berdurasi 18 detik yang tidak berisi apa-apa alias kosong. Track berikutnya benar-benar menceritakan apakah "sunrise" itu. Istilah "eighteen seconds before sunrise" inilah yang kemudian menjadi identitas atau slogan mereka.

Dari 12 track di album ini hanya 4 lagu yang memiliki lirik untuk dinyanyikan (Hún Jörð, Myrkur, Hafssól dan Syndir Guðs (Opinberun Frelsarans)) dan juga 1 track yaitu Von yg dinyanyikan dengan bahasa vonlenska (Hopelandic) sedangkan sisanya adalah instrumental dan ambient. Di track von itulah pertama kali istilah vonlenska atau hopelandic muncul ke permukaan.

Well, apa itu vonlenska ?

Inilah sebuah bahasa tanpa arti yang diciptakan oleh Jonsi. Ia menyanyikan lagu von itu dengan bahasa ini. Menurut sejarahnya, jonsi menyanyikan lagu tersebut sebelum lirik lagunya ditulis. Ini bukan bahasa nyata, tidak ada vocabulary, grammar, dan lain sebagainya. Dan kalau bisa dikata, vokal vonlenska tersebut adalah suara vokal yang dinyanyikan untuk mendampingi musik dan juga cocok sebagai sebuah instrument musik. Jadi vonlenska adalah sebuah instrument musik ala Sigur Ros.

Von's Track List
----------------

01. Sigur Rós (Instrumental)
02. Dögun | Dawn (Instrumental)
03. Hún Jörð | Mother earth
04. Leit Að Lífi | Search for life (Instrumental)
05. Myrkur | Darkness
06. 18 Sekúndur Fyrir Sólarupprás | 18 seconds before sunrise (Instrumental)
07. Hafssól | Sun of the sea
08. Veröld Ný Óg Óð | A world, new and crazed (Instrumental)
09. Von | Hope
10. Mistur | Mist (Instrumental)
11. Syndir Guðs (Opinberun Frelsarans) | Sins of god (revelation of the savior)
12. Rukrym | Darkness Inversed (Instrumental)

Album von ini tidak begitu sukses dipasaran lokal dan konon hanya terjual kurang lebih 300 keping di pasaran saat itu. Meksipun begitu album ini juga mendapatkan reaksi bagus oleh musisi Islandia yang kemudian meremix lagu-lagu di album ini dan hasil kompilasinya menjadi satu album baru yaitu Von Brigði (Recycle Bin).

0 komentar:

Posting Komentar