Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 22 Mei 2012

Evolusi Musik Sigur Ros: Part 2

Von Brigði ... recycle bin ?
=====================

Sebenarnya Von Brigði tidak bisa disebut evolusi musik Sigur Ros, karena ini adalah album remix dari album mereka terdahulu, Von. Tetapi menurut saya pribadi, dari Von ke Von Brigði ada suatu lompatan yang juga bisa saya katakan evolusi meskipun itu sendiri merupakan lagu-lagu daur ulang atau juga bisa disebut remix. Dan album remix inilah yang dirilis pada tahun 1998 ini oleh Smekkleysa Records.

Sedikit bercerita tentang judul album von brigði. Awalnya, von brigði sendiri merupakan permainan kata. Kata "vonbrigði" berarti kekecewaan atau kehampaan, tetapi jika kedua kata itu dipisah menjadi von brigði dapat diartikan sebagai "variasi di dalam von", "brigði" berarti variasi. Terjemahan penuh ke dalam bahasa inggris pun bisa diartikan sebagai "hope variation". Dan judul pada album ini ditambahkan sebuah tag yaitu recycle bin yg bisa diartikan daur ulang atau remix. Jadi nama panjang album ini bisa disebut "Von Brigði — recycle bin".


Di album ini, nuasa Ambient Soundspace di album VON benar-benar hilang. Unsur post-rocknya juga tidak terasa karena track-track di album benar-benar berevolusi menjadi track-track baru dengan genre yang berbeda. Tetapi satu benang merahnya, track-track di album ini kuat sekali unsur electronica-nya. Yah ... namanya juga album remix !

Dimana-mana yang namanya lagu daur ulang itu pasti di bawakan oleh artis-artis lain, selain pengarangnya sendiri dalam versi yang berbeda. Di dalam album ini artis-artis Islandia seperti múm, plasmic, curver, gusgus, dan masih banyak lagi. Bercerita tentang track-tracknya, Syndir Guðs yang dibawakan oleh Biogen dengan Syndir Guðs yang dibawakan sangat berbeda. Pada versi múm, Syndir Guðs sangat kental dengan nuansa musik múm yang mengadalkan permainan perkusi ... coba dengarkan pula side project Jonsi (Frakkur) yang juga terinspirasi dari musik múm.


- múm -

Satu track yang menarik hati saya yaitu 180 Sekúndur Fyrir Sólarupprás (180 seconds before sunrise) yang notabene adalah recycle dari 18 Sekúndur Fyrir Sólarupprás yang dibawakan oleh Curver (Birgir Örn Thoroddsen) yg juga personil dari Ghostigital. Durasinya benar-benar 180 detik (3 menit), namun perbedaannya jika di album Von track tersebut tidak berisi alias kosong selama 18 detik tetapi kalau di versi recyclenya tidak. Jadi track ini murni merupakan track baru Sigur Ros di album ini dengan permainan pitch, dub & noise. Curver benar-benar membuatnya menjadi versi baru dari sebuah track kosong.


- Birgir Örn Thoroddsen -

Selain 180 Sekúndur Fyrir Sólarupprás, satu track yang menjadi favorit saya di album ini yaitu Myrkur yang dibawakan oleh Dirty-Bix. Track Leit að lífi di penghujung album ini sebenarnya adalah track yang ingin dimasukan oleh Sigur Ros ke dalam album VON sebagai bonus track. Tetapi karena waktu itu tidak selesai pada waktu deadline, akhirnya lagu tersebut ditunda untuk dirilis di album ini dan menjadi satu-satunya track yang dibawakan oleh Sigur Ros sendiri. Total ada 6 track dari album VON yang dibuat versi daur ulangnya.


Von Brigði's Track List
----------------------

1. Syndir Guðs (Recycled by Biogen) – 6:55
2. Syndir Guðs (Recycled by múm) – 4:52
3. Leit að lífi (Recycled by Plasmic) – 5:26
4. Myrkur (Recycled by Ilo) – 5:29
5. Myrkur (Recycled by Dirty-Bix) – 5:01
6. 180 sekúndur fyrir sólarupprás (Recycled by Curver) – 3:00
7. Hún jörð (Recycled by Hassbræður) – 5:19
8. Leit að lífi (Recycled by Thor) – 5:32
9. Von (Recycled by GusGus) – 7:24
10.Leit að lífi (Recycled by Sigur Rós) – 5:02


Von Brigði ini juga tidak begitu laris dipasaran Islandia dan menurut yang saya ketahui hanya terjual 100 keping saja di sana saat itu. Musik eksperimental post-rock Sigur Ros tetap mencari bentuk baru sampai akhirnya pada tahun 1998, Kjartan Sveinsson bergabung sebagai pemain keyboard serta keluarnya Ágúst Ævar Gunnarsson dari formasi Sigur Ros yang kemudian digantikan oleh Orri Páll Dýrason. Dan dari sinilah, evolusi terbesar Sigur Ros dimulai !

0 komentar:

Posting Komentar