Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 22 Mei 2012

Glósóli (Jiwa Yang Berpijar)

Mari kita beralih kepada negeri seberang lautan yang berada di utara Samudera Atlantik, Islandia. Aku membawa sebuah referensi menarik, cerdas, penuh cerita hidup di dalamnya, dari bintang eksperimental populer asal negeri indah tersebut, Sigur Rós. Karya mereka yang akan aku bahas di sini adalah Glosoli.

Glosoli atau glowing soul yang dalam bahasa Indonesia mungkin adalah pijaran jiwa (jiwa yang berpijar). Menceritakan tentang seseorang yang terpuruk ke dalam mimpi buruk, terjebak pada ruang yang tidak terlihat jalan keluarnya. Dalam keadaan yang tidak menentu, penuh kegilaan, dia pun terbangun dari mimpinya, dan kemudian berserah diri. Apa yang dia lakukan adalah satu-satunya cara untuk mencari jawaban, jalan keluar. Ibarat mitos ratu adil, glosoli adalah sang jawaban, penolong, sesuatu yang dinanti-nanti. Karena glosoli memberi ketenangan dan menyingkap tabir diri. Glosoli adalah hasil dari refleksi kita.

Akhirnya, pesan yang aku tangkap dari lagu tersebut adalah, berkontemplasilah sampai kita menemukan pijaran jiwa di hati, disekitar kita. Karena dia, glosoli, adalah teman terdekat, yang selalu memberi motivasi dan menemani ke manapun kita melangkah.


Nú vaknar þú
allt virðist vera breytt
ég gægist út
en er svo ekki neitt

úr-skóna finn svo
á náttfötum hún
í draumi fann svo
ég hékk á koðnun?

með sólinni er hún
og er hún, inni hér

en hvar ert þú....

legg upp í göngu
og tölti götuna
sé ekk(ert) út
og nota stjörnurnar
sit(ur) endalaust hún
og klifrar svo út.

Glósóli-leg hún
komdu út

mig vaknar draum-haf
mitt hjartað, slá
úfið hár.

Sturlun við fjar-óð
sem skyldu-skrá.

og hér ert þú

fannst mér...

glósóli


Glósóli by Sigur Ros
http://www.youtube.com/watch?v=Bz8iEJeh26E&ob=av3e

0 komentar:

Posting Komentar